Frequently Asked Question

Biaya kuliah di ITI berapa sih?

Rincian biaya : https://pmb.iti.ac.id/#c-price Brosur dan skrema : https://bit.ly/BrosurITI

Saya sudah pernah mendaftar sehingga NIK/Email saya tidak bisa lagi digunakan | saya salah memasukan alamat Email/NIK | apa yg harus saya lakukan ?

Silahkan hubungi kami melalui WA Yoman http://bit.ly/YomanITI atau WA Mulyana http://bit.ly/MulyanaWA, agar bisa direset

Soal test apa saja ya ?

Test terdiri dari 45 soal, Untuk pilihan Prodi Teknik : 15 Soal Matematika, 15 Soal Fisika, 15 Soal Tes Potensi Akademik. Untuk pilihan Prodi Manajemen : 15 Soal Matematika, 15 Soal Test Pengetahuan Umum, 15 Soal Test Potensi Akademik

Saat test apakah saya harus datang ke kampus ITI ? Test dilakukan secara online, melalui link yang akan diinformasikan beserta nomor ujian dan passwordnya. Ujian bisa dilakukan dirumah, Perlu diperhatikan !!

  1. Soal Ujian dibuka mulai 10.00 s/d 22.00 (bisa login siang atau sore selama dalam waktu tersebut)
  2. Login dan ujian hanya bisa dilakukan pada waktu yang telah tercantum
  3. Siapkan koneksi internet stabil
  4. Siapkan daya listrik/baterai
  5. Ujian bisa dilakukan melalui PC/Laptop/ Handphone/Tablet
  6. Dilarang mencontek/membuka catatan dalam bentuk apapun, jika terdeteksi akan dianggap Tidak Lulus
  7. Jika koneksi mati/kehabisan daya, waktu ujian akan tetap berjalan sesuai waktu yg ditentukan
  8. Ujian akan otomatis selesai jika waktu ujian telah habis
  9. Hasil ujian akan diumumkanpaling lambat 1 minggu setelah tanggal ujian

Saya tidak mendapatkan email aktivasi, apa yang harus saya lakukan ?

Pastikan alamat email kamu aktif dan sesuai dengan email yang didaftarkan, jika sudah coba cek SPAM, jika sudah sesuai dan sudah cek SPAM namun tidak ada juga email aktivasi silahkan kontak nomor WA Mulyana 08872033210 untuk dikirimkan ulang email aktivasi

Apa yang harus saya lakukan untuk mendaftar ?

  1. Buat akun pendaftaran pada tab Pendaftaran, isi kolom pada tab pendaftaran lalu REGISTER
  2. Aktivasi akun dengan klik link/tautan yang dikirimkan ke emailmu yang didaftarkan (pastikan emailmu aktif)
  3. Setelah aktif login kembali ke halaman PMB Institut Teknologi Indonesia, lalu pilih program studi dengan memberikan centang/ceklis pada Program studi pilihanmu (centang di 2 program studi jika kamu memilih 2 Program Studi)
  4. Akan muncul invoices dan lakukanlah pembayaran pada nomor VA yang tercantum (Pembayaran melalui Virtual account BNI, jika tidak memiliki rekening BNI lakukan pembayaran tunai melalui teller BNI )
  5. Setelah pembayaran berhasil dan terverifikasi lanjutkan pengisian halaman pendaftaran mu, isi survey, isis data pribadi, upload raport, upload arsip dan isi data orang tua (klik dahulu tanda gembok agar bisa mengisi data)
  6. Tunggu pendaftaranmu divalidasi
  7. Jika sudah divalidasi akan muncul link "cetak kartu ujian"
  8. H-2 hari test jika kamu dihubungi oleh admin bahwa dinyatakan lolos nontest kamu tidak perlu mengikuti ujian tes masuk
  9. Jika kamu tidak dihubungi maka persiapkan dirimu untuk menghadapi Ujian tes masuk sesuai waktu dan tempat yang tertera pada kertu ujian
  10. Setelah ujian tunggulah dengan santai Pengumuman kelulusan pada tanggal tercantum disetiap gelombangnya
  11. Lakukan daftar ulang paling lambat 1 minggu setelah pengumuman kelulusan

Dokumen apa saja yang harus saya unggah pada ARSIP ?

  • Scan KTP Siswa/Resi
  • Scan KTP Orang tua : Ayah & Ibu
  • Scan Kartu Keluarga
  • Scan Akta Lahir
  • Ijazah & SKHUN (untuk lulusan 2019 atau sebelumnya)
  • Jika Melalui PMDK (lulusan 2020) + Raport semester 1-5 + Scan surat rekomendasi/pengajuan PMDK dari sekolah + Scan surat keterangan aktif organisasi + Surat keterangan peringkat 3 besar di semester 5
  • Jika Melalui Prestasi Nonakademik (lulusan 2020) + Scan Sertifikat (bisa diganti surat keterangan mewakili sekolah jika beregu, atau jika hanya ada piala)+raport semester 1-5 + Surat keterangan siswa dari sekolah
  • Test Beasiswa offline (lulusan 2020) + Raport (nilai rata semester 1-5 >75) + Surat keterangan siswa dari sekolah
  • Juara Umum (lulusan 2020) + Raport (nilai rata semester 1-5) + Surat keterangan siswa dari sekolah + sertifikat juara umum
  • Jika Melalui Hasil UTBK + Scan hasil UTBK
  • Pindahan + Transkrip nilai + Surat pengunduran diri + Permohonan melanjutkan studi +Silabus/SAP +Print Out Forlap DIKTI +Sertifikat Akreditasi kampus
  • Study Lanjut + Ijazah D.I/D.III +Transkrip Nilai

Program Studi apa saja yang bisa dipilih kelompok ujian UTBK SOSHUM ?

  1. Teknik Industri
  2. Perencanaan Wilayah & Kota
  3. Arsitektur
  4. Manajemen
  5. Teknologi Industri Pertanian
  6. DIII Otomotif
  7. Prodi lain dengan melalui pengajuan

Program Studi apa saja yang bisa dipilih kelompok ujian UTBK SAINTEK ?

  1. Teknik Industri
  2. Perencanaan Wilayah & Kota
  3. Arsitektur
  4. Manajemen
  5. Teknologi Industri Pertanian
  6. DIII Otomotif
  7. Teknik Elektro
  8. Informatika
  9. Teknik Mesin
  10. Teknik Sipil
  11. Teknik Kimia

Berapa minimal nilai UTBK agar saya tidak perlu ikut test?

  • SAINTEK 501
  • SOSHUM 492