D3 MESIN OTOMOTIF

Prodi Teknik Mesin Otomotif (D 3) Institut Teknologi Indonesia adalah suatu program yang mempunyai dasar pengetahuan sama dengan Teknik Mesin Plus dengan ciri khas atau dengan benang merahnya pada profesi Konstruksi Otomotif yang dibagi dalam dua devisi, yaitu Divisi Rancang Bangun dan Produksi; Divisi Teknologi Proses. Dalam program ini diarahkan pada Devisi Rancang Bangun dan Produksi dengan dasar pengetahuan teknik mesin, teknik produksi, perancangan dan menggambar teknik, memiliki kemampuan pengetahuan produksi yang meliputi fungsi manufakturing industri dan kontrol kualitas, serta berpengetahuan pengenalan material dari berbagai komponen otomotif dan mesin perkakas. Lulusan Teknik Mesin Otomotif Institut Teknologi Indonesia dapat bekerja pada Industri Manufakturing, Biro Teknik, Industri Perakitan, Industri Komponen Otomotif, dan pada Lembaga Pengujian Komponen Otomotif, alat-alat Transport di dalam dan di luar gedung seperti Mesin Pengangkat (lift, escalator, crane, conveyor) dan Mekanisasi Pertanian antara lain alat pemanen (traktor). Dengan pengetahuan yang dimiliki dibidang Otomotif diharapkan para lulusan juga dapat berwiraswasta karena peluang ini masih sangat terbuka. Program Studi Teknik Mesin Otomotif merupakan jenjang pendidikan program diploma 3 yang diselenggarakan secara profesional dengan beban studi kumulatif 110 - 114 SKS dan lama studi 6 semester. Lulusan Teknik Mesin Otomotif mempunyai kemampuan dalam bidang pekerjaan yang bersifat rutin maupun tidak rutin baik secara mandiri maupun dalam tim kerja serta  serta mempunyai kemampuan manajerial.

Visi

Menjadi mitra utama bagi dunia industri dan lembaga riset ilmu pengetahuan dan teknologi (RIPTEK) untuk menghasilkan lulusan yang tangguh dan handal dalam penguasaan keahlian di bidang otomotif yang berwawasan lingkungan dan memiliki

Misi

1. Menyelenggarakan Program Pendidikan Diploma III Teknik Mesin Otomotif untuk menghasilkan tenaga ahli madya sesuai dengan kebutuhan industri otomotif.

2. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas sesuai perkembangan teknologi terkini.

3. Memperkokoh "Link and Match" antara Program Studi dengan Industri otomotif. Mempersiapkan lulusan yang memiliki jiwa wirausaha yang tangguh.

Alamat Website www.iti.ac.id/teknik-mesin-otomotif